Kamis, Desember 27, 2012

Saraswati Adalah Sebuah Resolusi



“Merenung, Ehm Tentang Resolusi”
Dear All …..Tahun baru,tinggal menghitung hari  Mungkin sebagian dari kita di sibukkan dengan yang namanya Resolusi,Right??? Begitu juga Dewi haha meskipun belum terlalu mengerti arti sebuah resolusi.Tetapi jika Dewi artikan secara sederhana adalah, sebuah perubahan mungkin yang mereka bilang perubahan positif (jiiiah….. serius amat ). Nah, Perubahan Dewi kali ini adalah perubahan nama hahaha, ehm dengan meletakkan “Saraswati “Dan “Ishaq” setelah nama “Dewi Ayu.” Jadilah,nama Dewi yang semula “Dewi Ayuningsih “(nama lahir pemberian orang tua ) sekarang Dewi ganti sendiri menjadi “Dewi Ayu Saraswati Ishaq “.Why? bukan berarti tidak menghargai nama pemberian ibu dan alm. Bapak . Tetapi,dalam umur Dewi yang ke-17 ini. Dewi merasa nama adalah jati diri .Adalah harapan yang disematkan kepada kita.Adalah label(kayak kue ajach) dan harus Dewi akui setelah menggunakan SARASWATI dan ISHAQ yang tak lain adalah nama kesukaan Dewi dan nama belakang Alm. Bapak rasanya Dewi merasa lebih positif. Lebih bersemangat dan lebih bahagia.Temen –temen untuk nama sehari-hari nama “DEWI AYUNINGSIH” tetap Dewi gunakan tetapi Dewi mengakui kalau DEWI AYU SARASWATI ISHAQ adalah nama Dewi sekarang. Karena dengan ini Dewi merasa seperti “SARASWATI”dan berharap benar-benar terwujud Amieen…. Saraswati adalah sebuah resolusi dan karena akulah.saraswati Ishaq
Ikuti Wikipedia bahasa Indonesia di Facebook icon.svg Facebook dan Twitter.svg Twitter!
[tutup]

Saraswati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Saraswati
Saraswati.JPG

Dewi pengetahuan, kesenian, kebijaksanaan, dan inspirasi

Dewanagari: सरस्वती
Ejaan Sanskerta: Sarasvatī
Golongan: Dewi
Pasangan: Brahma
Wahana: Angsa
Saraswati (Dewanagari: सरस्वतीIASTSarasvatī) adalah salah satu dari tiga dewi utama dalam agama Hindu, dua yang lainnya adalah Dewi Sri (Laksmi) dan Dewi Uma (Durga). Saraswati adalah sakti (istri) dari Dewa Brahma, Dewa Pencipta. Saraswati berasal dari akar kata sr yang berarti mengalir. Dalam Regweda V.75.3, Saraswati juga disebut sebagai Dewi Sungai, disamping Gangga, Yamuna, Susoma dan yang lainnya.

Daftar isi

Dalam agama Hindu

Saraswati adalah dewi yang dipuja dalam agama weda. Nama Saraswati tercantum dalam Regweda dan juga dalam sastra Purana (kumpulan ajaran dan mitologi Hindu). Ia adalah dewi ilmu pengetahuan dan seni. Saraswati juga dipuja sebagai dewi kebijaksanaan.
Dalam aliran Wedanta, Saraswati di gambarkan sebagai kekuatan feminin dan aspek pengetahuan — sakti — dari Brahman. Sebagaimana pada zaman lampau, ia adalah dewi yang menguasai ilmu pengetahuan dan seni. Para penganut ajaran Wedanta meyakini, dengan menguasai ilmu pengetahuan dan seni, adalah salah satu jalan untuk mencapai moksa, pembebasan dari kelahiran kembali.

Penggambaran

Dewi Saraswati digambarkan sebagai sosok wanita cantik, dengan kulit halus dan bersih, merupakan perlambang bahwa ilmu pengetahuan suci akan memberikan keindahan dalam diri. Ia tampak berpakaian dengan dominasi warna putih, terkesan sopan, menunjukan bahwa pengetahuan suci akan membawa para pelajar pada kesahajaan. Saraswati dapat digambarkan duduk atau berdiri diatas bunga teratai, dan juga terdapat angsa yang merupakan wahana atau kendaraan suci darinya, yang mana semua itu merupakan simbol dari kebenaran sejati. Selain itu, dalam penggambaran sering juga terlukis burung merak.
Dewi Saraswati digambarkan memiliki empat lengan yang melambangkan empat aspek kepribadian manusia dalam mempelajari ilmu pengetahuan: pikiran, intelektual, waspada (mawas diri) dan ego. Di masing-masing lengan tergenggam empat benda yang berbeda, yaitu:
  • Lontar (buku), adalah kitab suci Weda, yang melambangkan pengetahuan universal, abadi, dan ilmu sejati.
  • Genitri (tasbih, rosario), melambangkan kekuatan meditasi dan pengetahuan spiritual.
  • Wina (kecapi), alat musik yang melambangkan kesempurnaan seni dan ilmu pengetahuan.
  • Damaru (kendang kecil).
Angsa merupakan semacam simbol yang sangat populer yang berkaitan erat dengan Saraswati sebagai wahana (kendaraan suci). Angsa juga melambangkan penguasaan atas Wiweka (daya nalar) dan Wairagya yang sempurna, memiliki kemampuan memilah susu di antara lumpur, memilah antara yang baik dan yang buruk. Angsa berenang di air tanpa membasahi bulu-bulunya, yang memiliki makna filosofi, bahwa seseorang yang bijaksana dalam menjalani kehidupan layaknya orang biasa tanpa terbawa arus keduniawian.
Selain angsa, juga sering terdapat merak dalam penggambaran Dewi Saraswati, yang mana adalah simbol dari kesombongan, kebanggaan semu, sebab merak sesekali waktu mengembangkan bulu-bulunya yang indah namun bukan keindahan yang abadi.

Hari Raya

Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni, dirayakan oleh umat Hindu di Bali]], yang jatuh pada hari Saniscara (Sabtu) Umanis (Legi), wuku Watugunung. Perayaan ini dilaksanakan setiap 210 hari (atau 7 bulan menurut kalender Bali), sebagai penghormatan kepada dewi ilmu pengetahuan dan seni.

Pranala luar

2 komentar:

dwiagustriani on 27 Desember 2012 13.39 mengatakan...

Semoga resolusinya tercapai :)

Dewi Ayu Saraswati Ishaq on 27 Desember 2012 20.18 mengatakan...

thanks ya ma :-)

Poskan Komentar

Assalamu alaikum ,silahkan komentar

Thank you

 

Percikan Hidup Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez